Jumlah Tamu

Friday, February 15, 2008

Lagi - lagi terlambat....


Betapa susahnya membuat disiplin anak – anak muridku, masuk sekolah harusnya 7.15 pagi namun tidak sedikit yang terlambat lebih dari 15 menit. Lelah rasanya selalu menghukum mereka tapi tidak ada efek jeranya. Harus hukuman dan teguran yang seperti apa lagi agar anak – anakku tidak terlambat sekolah lagi. Panggilan orang tua sudah diterapkan namun dapat bertahan hanya paling lama 1 minggu, besok – besok yang telat lagi.
Anak – anak zaman sekarang lagi beda banget dengan waktu aku dulu sekolah, dulu klo telat rasanya takut banget, ketemu ma guru di jalan aja klo bisa putar haluan, pasti dilakukan namun beda dengan anak – anak zaman sekarang,ketemu guru dijalan terkadang pura – pura tidak lihat. Memang guru bukan untuk ditakuti tapi paling tidak hargailah. Dengan honor yang tidak seberapa tidak memundurkan niat seorang guru untuk dapat mentransfer ilmu buat anak didiknya, datang ke sekolah harus bermuka dua, dengan menutupi segala masalah untuk tetap dapat mengajar secara professional. Jika ingin egois dengan mementingkan urusan pribadi dengan murid, tak mau lagi bersusah payah mengurusi murid yang bandel – bandel, mau belajar atau nggak, mau turun sekolah atau enggak, males ngurusinya. Tapi lagi – lagi guru harus berperan ganda, buang semua egois untuk mengemban amanah dari orang tua mereka dan Allah SWT.


Feuhhhhh……inilah seni pembelajaran menjadi orang tua ke 2 di sekolah, ada banyak suka dukanya. Guru akan merasa bangga luar biasa jika anak didiknya dapat berhasil dalam menjalani pendidikan dan dapat sukses setelah lulus sekolah.

No comments: