Jumlah Tamu

Monday, June 4, 2007

MotherBoard Ukuran 4 Inci


JAKARTA - Perangkat motherboard standar Pico-ITX merupakan motherboard terkecil pertama di dunia yang akan dipasarkan. Selain kecil, konon perangkat ini juga akan dijual dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan motherboard mini ini juga memiliki banyak fitur. Seri VIA PX10000 ini diklaim mampu menghemat energi. Ukurannya yang kecil ternyata sangat berguna ditempelkan pada perangkat-perangkat mini, seperti laptop.


Sayangnya motherboard berukuran 4 inci ini tidak mampu menampilkan gambar bergerak atau aplikasi berformat video dengan ukuran piksel di atas 1024x768 karena percepatan yang mampu dilakoni hanya mencapai 1 GHz saja. Dengan kata lain perangkat ini tidak dapat difungsikan sebagai kotak media mini dengan kemampuan high definition.

VIA juga tidak dapat diharapkan untuk dapat membantu mobilitas Anda jika system operasi pada laptop Anda dibantu oleh Linux, dan sampai sekarang motherboard ini belum dapat digunakan pada untuk driver yang kompatibel dengan sistem operasi tersebut. Jumlah unitnya yang terbatas juga merupakan kabar buruk bagi produsen laptop. Tidak ada satupun produsen yang mau membuat laptop dalam jumlah kecil dan terbatas. Sedangkan bagi konsumen, sangat sulit menarik perhatian mereka untuk membeli motherboard dalam keadaan 'telanjang' seperti itu.

Masalah seperti ini yang nanti harus dihadapi oleh vendor motherboard mini. Namun jika segmen pasar mereka tidak merujuk pada konsumen umum, mungkin ceritanya akan lain lagi.
by : okezone

1 comment:

omeoomedia said...

Menunggu penyempurnaannya kl gitu.