Jumlah Tamu

Tuesday, May 17, 2016

Cara Menyambut Bulan Ramadhan

‘’Barangsiapa yang gembira menyambut datangya bulan ramadha,Allah SWT akan mengharamkan jasadnya dari api neraka’’.(Hadis Nabi). Bulan ramadhan adaalaah bulan yang penuh berkah di setiap hari,malam,jam dan detiknya.Pada bulan raamadhan ini Allah SWT akan memberikan ampunan dan kesempatan bertaubat selua-luasnya bagi setiap insan.

Dari Anas bin Malik menuturkan bahwa Rasulullah SAW saat memasuki bulan rajab senantiasa berdo’a,’’Allahumma bariklana fii rajab wa sya’ban wa baliighnaa ramadhan’’. Artinya ; ‘’ Ya Allah berikanlah kami pada bulan rajab dan sya’ban dan sampaikanlah kami pada bulan ramadhan’’.(HR Al-Tirmidzi dan Ad-Darimi).

Sebelum ramadhan tiba Rasulullah SAW senantiasa menyampaikan khutbahnya,agar para sahabat benar-benar mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan agung ini.Begitu juga berbagai keutamaan ramadhan telah di sampaikan oleh baginda rasul agar tidak ada hari,jam,menit dan detik yang terlewatkan begitu saja tanpa beribadah kepada Allah SWT.Karena pada bulan ramadhan ini nafas akan menjadi tasbih,tidur menjadi ibadah,amal di terima dan do’a di kabulkan.

Rasulullah juga telah mengajarkan kepada umatnya dengan memperbanyak puasa di bulan sya’ban,Sebagaimana telah diriwayatkan Aisyah ;’’Saya tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasanya,Kecuali di bulan ramadhan.Dan saya tidak melihat dalam satu bulan lebih banyak puasanya kecuali pada bulan sya’ban’’.(HR.Muslim).

Bulan ramadhan adalah bulan di mana setan di belenggu dan hawa nafsu di kendalikan dengan puasa,pintu neraka di tutup dan pintu neraka di buka.Sehingga bulan ramadhan adalah bulan yang sangat kondusif untuk bertobat dan memulai hidup baru yang lebih baik. Allah SWT berfirman ;’’Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah,hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung’’.(QS.An-Nuur :31).

Oleh karena itu di bulan ramadhan orang-orang yang beriman harus memperbanyak istghfar dan bertaubat kepada Allah SWT dan mengembalikan hak-hak mereka dan mengakui kesalahan serta meminta maaf kepada seseorang yang pernah di zaliminya.

Dari Abu Ummamah,ia berkata bahwa Rasulullah SAW telah bersabda :’’ Bacalah Al-Qur’an,Karena sesungguhnya Al-Qur’an itu akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada pembacanya’’.(HR.Muslim). Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah di mana pahala itu akan di lipatgandakan dan perbanyaklah sedekah agar kita senantiasa merasakan dan menghayati apa yang di rasakan oleh kaaum yang lemah dan fakir miskin. Orang yang berpuasa ketika menahan rasa lapar dan dahaga akan terasa olehnya betapa berat penderitaan yang di rasakan oleh kaum fakir miskin,sepanjang siang dan malam hari dalam kalaparan dan kekurangan.Dengan begitu maka akan tumbuhlah rasa kasih saying kepada mereka.

Semoga Allah SWT memberikan taufik dan hidayahnya serta menjadikan kita termasuk orang yang di sayanginya dalam berlomba melakukan amalan shalih.

sumber : prasetiashare.blogspot.co.id
foto : google

No comments: